Update Berita Terbaru 2018

Senin, 29 Oktober 2018

Kenali Sistem Kerja AC Sentral Sebelum Service AC


Anda memiliki AC yang bermasalah? Saat ini sangat mudah untuk memperbaiki AC, bahkan di kota Denpasar. Service AC Denpasar bisa dilakukan pemesanan melalui online. Sebelum itu, Anda harus bisa mengenali komponen sistem kerja AC agar tahu komponen mana yang harus diperbaiki. Berikut komponen AC sentral yang harus Anda tahu.

1. Air Handling Unit (AHU)

Air Handling Unit (AHU) merupakan mesin pengonversi kalor dari udara panas yang berada di ruangan dialirkan melewati coil pendingin lalu digantikan dengan udara dingin. Istilah lain dari Air Handling Unit (AHU) yaitu unit pengana udara.

2. Cooling Tower (Water Cooler)

Cooling water ini merupakan komponen AC sentral yang hanya ada untuk jenis kompresor water cooler. Mesin ini berfungsi untuk melewati air panas yang berasal dari filamen cooling tower dan kemudian dihembus oleh udara dengan mesin blower yang memiliki suhu rendah.

3. Pompa Sirkulasi

Pompa sirkulasi pada mesin AC sentral terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Chilled Water Pump dan  Condensor Water Pump. Chilled Water Pump berupa pompa sirkulasi air dingin yang berfungsi untuk mengalirkan air dingin yang berasal dari chiller ke koil pendingin (AHU atau FCU). Jika bagian ini rusak, Anda tinggal panggil service AC Denpasar untuk memperbaikinya.

Sedangkan Condensor Water Pump yaitu jenis pompa sirkulasi yang berfungsi mengalirkan air pendingin yang berasal dari kondensor chiller ke bagian cooling tower. Pada sistem unit pendingin atau Chiller menggunakam sistem kompresi uap. Sehingga komponen-komponennya terdiri dari kompresor, alat ekspansi dan evaporator (mesin uap).

Karena menggunakan Chiller sebagai unit pendingin maka otomatis tipe kondensornya water cooled condensor. Fungsinya mendinginkan kondensor dialirkan melewati pipa sehingga menghasilkan output yang dikehendaki secara evaporatif cooling pada unit cooling tower.

4. Komponen Sistem Inderect Cooling

Dalam sistem inderect cooling terdapat banyak komponen yang memiliki peran penting. Jika ditelusuri maka setiap AHU memiliki beberapa komponen berupa filter, Centrifugal Fan, dan Cooler Coil. Setiap komponen tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

Filter menjadi komponen penyaring udara agar kotoran, debu ataupun partikel sejenis tidak masuk ke dalam mesin AC. Sehingga filter ini mampu membuat udara yang dihasilkan lebih bersih. Sedangkan Cooler coil atau koil pendingin adalah komponen AC sentral yang berfungsi menurunkan suhu atau temperatur udara panas menjadi dingin. 

Berbeda lagi dengan Centrifugal Fan. Komponen ini adalah bagian AC sentral yang biasanya disebut dengan kipas blower sentrifugal. Fungsi dari blower ini yaitu mendistribusikan udara yang melewati ducting menuju ruangan yang telah terhubung dengan AC sentral.

Komponen-Komponen tersebut sangat penting untuk mendukung kerja AC. Jika salah satunya rusak, Anda bisa panggil service AC Denpasar. Namun sekarang di Denpasar pun bisa memanggil jasa sejasa.com untuk memperbaiki AC yang rusak dan juga bisa memperbaiki alat elektronik lainnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar